Transfer Nilai-nilai…

Untuk hidup, setiap saat kita pasti selalu beraktifitas, sejak bangun pagi hingga kita tidur pulas semuanya isinya adalah aktifitas. Tahukah kita apa di balik aktifitas yang kita kerjakan tsb…?

Adapun hal di balik semua aktifitas yang kita lalui setiap hari itu adalah bahwa KITA SEDANG MELAKUKAN TRANSFER NILAI-NILAI….
Timbul pertanyaan, siapa yang mentransfer, siapa yang menerima dan apa pula yang ditransferkan ..?
Nah, sekarang coba amati ketika kita melakukan salah satu aktifitas, contoh kecil seperti menonton TV, apa yg ditonton menentukan nilai yang akan ditransfer…
Sekarang coba tebak apa yang anda rasakan setelah menonton film perjuangan nasional…? atau apa yang anda rasakan setelah menonton film percintaan, atau film gulat atau tinju..?
Kemungkinan besar sepertinya sudah dapat kita ketahui, jika menonton film perjuangan nasional biasanya akan meningkatkan semangat nasional dan mampu berdampak pada prilaku kita akan mengikuti kekuatan nasionalisme seperti film nasionalisme yang kita tonton sebelumnya.
Lain hal setelah kita menonton film percintaan, dapat dipastikan biasanya kita akan memiliki perasaan yang lebih peka terhadap sesama dibanding menonton film gulat atau tinju yang keras.
Mendengarkan radio yang bermanfaat, akan membawa pendengarnya menjadi lebih bermanfaat, sebaliknya mendengarkan radio yang hanya nyanyian dan ocehan senda gurau yang tiada akhir tentunya akan membawa pendengarnya lebih suka mendengar ocehan senda gurau seperti itu.
Tinggal dan beraktifitas bersama orang yang kasar, hal ini tentunya secara perlahan akan mampu menjadikan kita seperti mereka, sebaliknya beraktifitas dalam lingkungan positif dan profesional pastinya harus menjadi demikian pula.
Itu semua disebabkan naluri manusia yang akan selalu menjiwai setiap aktifitas yang dijalaninya.
Nah, Apakah yang terjadi..? inilah yang disebut dengan TRANSFER NILAI-NILAI.
Transfer nilai-nilai terjadi ketika seseorang mulai membuka seluruh panca inderanya kepada dunia, baik itu makhluk hidup maupun benda mati seolah hidup yang dijangkau oleh panca inderanya.
Teknisnya begini, contoh ketika kita menonton acara ceramah agama, maka indera penglihat dan pendengaran kita sebenarnya adalah sedang menerima nilai-nilai yang ditransferkan dari acara ceramah agama tersebut. Sehingga tidak aneh jika kita akan menjadi lebih semangat untuk menjadi lebih baik.
Menonton film percintaan, maka indera kita menerima nilai-nilai cinta seperti di film tsb yang ditransferkan melalui TV. sehingga tidaklah heran setelah menontonnya kepekaan perasaan mungkin akan mengalami perubahan.
Berdagang, melihat dengan seksama pedagang curang yang menikmati riba perolehannya, bisa juga membawa kita untuk berkeinginan menghalalkan riba seperti dia.
Dikantor, pegawai lain enakan tidur di kantor, bukan tidak mungkin kita (pegawai) yang melihat dengan seksama bisa jadi ikutan mencari lapak lain untuk lahan tidur. Artinya yang tidur mentransfer nilai-nilai buruk yaitu keadaannya yang enakan tidur kepada kita sehingga kitapun bisa menghalalkan tidur.
Membaca, diskusi dan silaturrahmi yang bermanfaat merupakan salah satu proses tranfer nilai-nilai yang paling baik di samping aktifitas rumah sehari-hari.
Itulah transfer nilai-nilai, yang selalu kita alami dibalik setiap aktifitas kita.
Banyak nilai-nilai positif (baik) yang dapat kita peroleh dari setiap aktifitas, dan bisa juga kita terjebak kepada nilai-nilai negatif (buruk) dalam menjalani aktifitas kita..
Mungkin kita berfikir, “saya kan bisa kontrol diri sendiri, biarpun begini tapi saya tidak akan selalu begini”
Harus kita sadari kita terbentuk menjadi apa sekarang ini adalah bentukan dari apa yang pernah direkam oleh indera kita sebelumnya.
Dirimu di masa depan adalah bentukan dari nilai-nilai yang kamu terima saat ini…
So, sadari setiap aktifitas adalah transfer nilai-nilai, sehingga jika tidak nilai-nilai positif, maka nilai-nilai negatiflah yang kamu terima…
So, dapatkanlah nilai-nilai positif ketika indera mulai merasa….
Gunawan
gunawan_ftm@yahoo.com
waiting for U’re comment….
Trasfer Nilai-Nilai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s