The Power Of Kepepet

Ada 2 penyebab yang membuat orang tidak tergerak untuk BERUBAH. Yang pertama adalah Impiannya Kurang Kuat dan yang kedua Tidak Kepepet. Coba bayangkan Anda seorang karyawan yang bekerja dengan gaji 2jt/bulan. Seyogyanya Andapun merasa cukup puas. Kemudian pada suatu waktu anda ingin meningkatkan penghasilan dengan berbisnis. Calon mitra bisnis anda meminta anda untuk menyediakan modal sebesar 50jt untuk membantu membangun bisnis tersebut. Apa yang anda pikirkan….? Dengan gaji 2jt/bulan untuk mencapai 50jt akan memakan waktu 25 bulan kerja. Atau kerja 2 tahun lebih. Sementara mitra bisnis Anda meminta kepastian besok atau lusa. Anda mungkin gagal berbisnis dengan mitra bisnis anda, atau lebih parah anda akan memaki habis mitra bisnis anda tadi “yang tidak-tidak saja, masa saya harus ngumpulin 50jt besok pagi…!, wong edan….!”. Nah…, Bagaimana kalau ceritanya kita modif sedikit…? “Coba Bayangkan……! Anda mempunyai seorang buah hati kecil, mungil dan manis yang sangat Anda sayangi sepenuh hati, Tiba-tiba malam hari ini si buah hati mendadak sakit keras, demam tinggi dan kondisinya semakin melemah. Sehingga kemudian Anda membawanya kerumah sakit. Setelah pengecekan di U G D, ternyata dia didiagnosis mengidap penyakit yang sangat kronis bagi seorang anak kecil. Dokter mengatakan sebaiknya besok juga dia harus dioperasi, jika tidak nyawanya akan melayang. Sementara Pihak rumahsakit mengatakan “Pak…, operasi hanya bisa dilaksanakan apabila menyerahkan uang tunai sebesar 50jt untuk pembiayaan proses operasi paling lambat jam 9 besok pagi agar operasi bisa segera dilangsungkan, bagaimana pak….? Bisa…?”. Nah…, Bagaimana….? Apakah Anda masih ingin mengatakan tidak bisa…? Saya rasa mayoritas akan menjawab “YA SAYA BISA….”. Kenapa bisa…? , yak arena KEPEPET…!, Jika tidak, maka yang akan ditanggung akan sangat besar bahkan sangat menyakitkan.

Kepepet-VS-Iming-iming

The Power of Kepepet
The Power of Kepepet

Bayangkan anda sedang berada diatas gedung A setinggi 180m (angina kencang, bahkan melihat ke bawahpun bisa menggigil). Bersebelahan pada jarak 10 meter, ada gedung B dimana ketinggiannya sama. Di antara gedung terdapat sebatang besi yang lebarnya hanya sejengkal.Mampukah Anda melintasi besi tersebut hingga ke Gedung B…? Mungkin Anda berfikir:”gila sekali, mempertaruhkan nyawa seperti itu hanya untuk berhasil melintasi sebatang besi….!”. Coba sedikit kita “modif”, di Gedung B kita buat sebuah iming-iming hadiah sebesar 10 juta. Anda mgkn berfikir: “10jt….? Ah… kayaknya ga sebanding dengan resiko yang akan kita terima., ogah ah…”. Baik, kita modif sedikit lagi : “di Gedung B kita berikan iming-iming hadiah sebesar Rp. 1.000.000.000 (1miliyar). Nah… disini mungkin ada yang mulai mengabaikan resikonya karena iming-imingnya sudah cukup kuat, tapi mungkin masih saja ada yang tidak mau mempertaruhkan nyawanya seperti itu.” Karena sifatnya bisa berhasil bisa mati konyol. Atau bisa dikatakan kemungkinannya paling hebat adalah 50:50 alias untung-untungan. Sekarang coba ceritanya kita modif menjadi: “Gedung A mengalami kecelakaan akan Runtuh. Tempat Anda berdiri sekarang mulai bergetar (entah karena dihantap pesawat, dll) sehingga mengindikasikan akan runtuh. Tanpa pikir panjang, andapun langsung berlari melintasi batangan besi tadi menuju Gedung B. dan sekalipun iming-iming 1miliyar sudah tidak ada, Anda pasti akan tetap melintasi besi tersebut. Betul…?” So.., manakah jenis motivasi anda…? Kepepet or iming-iming….? Silakan baca The Power Of Kepepet tulisan Jaya Setiabudi

6 thoughts on “The Power Of Kepepet

    • good luck,
      pastikan keyword anda tepat. sy yakin setinggi dan serendah apapun keyword “funny” yg anda bawa kalau selalu giat melakukan block walking seperti ini. Pasti page rank situs anda akan dipuncak kejayaannya mbah google. Thanks.

      Like

  1. mantab artikelnya…

    kemarin saya lagi curhat di kaskus dengan seseorang melalui private message.

    eh dia menganjurkan saya untuk mencari buku ini, dan ternyata review nya ada disini.

    gramedia ahh…:ngacir:

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s