Amankan Flasdisk Anda dari Malware

Arus komunikasi yang begitu cepat sekarang ini mengakibatkan ancaman virus maupun malware komputer juga mampu berkembang dan menyebar dengan cepat bahkan hingga kepelosok desa. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan dari penyebaran malware ini.

malwareCara malware menjangkiti  komputer yang paling lazim adalah melalui media removable flashdisk, penyebaran malware melalui flasdisk ini ditandai saat membuka autorun yang ada pada flashdisk. Untuk lebih jelas, ketika kita memasukkan flashdis ke komputer beberapa saat secara otomatis akan muncul jendela yang meminta kita memilih aplikasi untuk membuka isi flashdis. Pada jendela ini terlihat beberapa pilihan fitur-autorun untuk membuka file.  Hati-hati dengan beberapa pilihan tersebut. Jangan sembarangan klik pilihan  ini, kadang beberapa opsi bisa jadi menjalankan malware.

Untuk mengetahui apakah flashdisk kita sudah terjangkit malware? Perhatikan dengan teliti pilihan yang akan anda klik, kadang-kadang ada pilihan “Open folder to view file” tapi dibawahnya bukan tulisan “using Window Expolrer” tapi tulisan “using aplication” ada juga pilihan “Start my application” dibawahnya bertulisan “using the program provided on the device”.

Jika anda ceroboh dan langsung men-klik pilihan yang aneh ini, maka dapat dipastikan komputer anda sudah terjangkit malware yang berasal dari flashdis tersebut.

Berikut langkah-langkah sederhana untuk mencegah penyebaran malware ini.

  1. Pastikan windows menampilkan semua file, termasuk file yang di-hidden.
  2. Pastikan flashdisk anda sudah bebas virus, dan masukkan ke komputer.
  3. Buat folder dengan nama “autorun.inf”
  4. Didalamnya buat file teks (Notepad)
  5. Kalau komputer anda sudah ada MS Office, buka Character Map

->Start->Programs->Accessories->System Tools-> Character Map. Kemudian pilih font [Arial Unicode MS]. Pilih beberapa karakter asing sekitar 5 karakter. Kemudian salin kelima karakter tersebut.

Character-Map

  1. Rename file text pada folder autorun.inf tadi dengan mem-paste karakter asing ini.
  2. Kini flashdis anda sudah cukup aman terhadap malware.

Flashdisk jadi aman karena dalam windows tidak boleh ada nama file yang sama sehingga malware tidak bisa membuat file autorun.inf lagi dalam flashdisk. Selain itu, file yang dobel dalam windows akan mengakibatkan “unhandled exception error” sehingga file autorun.inf milik malware biasanya akan kalah (terhapus) karena tidak mampu mengalahkan (menghapus ) file unicode MS (nama file text dengan karakter asing tadi) yang dianggap malware sebagai karakter windows.

By. Gunawan_ftm@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s