Manajemen Waktu

Waktu semua manusia di dunia ini sama, 24 jam telah diberikan oleh Tuhan. Tapi mengapa ada orang yang sukses dan yang gagal? Mengapa ada yang bisa melakukan banyak hal dan yang cuma menganggur? Rahasianya ada pada bagaimana kita bisa mengatur waktu.

 

Enam hal yang sering dialami pelajar yang suka mengeluh ‘gak punya waktu’:

  1. Meremehkan waktu yang tersedia
  2. Membuang-buang waktu
  3. Menunda tugas hingga saat terakhir
  4. Membesar-besarkan tugas yang didapat
  5. Tidak menepati deadline
  6. Datang terlambat

Jangan Suka Menunda-nunda! Agar tak menunda-nunda tugas:

  1. Membentuk pikiran positif
  2. Menetapkan tujuan jelas
  3. Menentukan prioritas
  4. Membagi tugas besar menjadi kecil-kecil
  5. Berkomitmen pada tugas
  6. Gunakan pengingat/alarm
  7. Hargai diri sendiri

Kita harus disiplin! Just like Bobby Knight says…Discipline is:

  1. Do what has to be done
  2. When it has to be done
  3. As well as it can be done
  4. Do it that way every time!

)* Dalam suatu gaya menegement Korea ada kampanye hemat waktu 5 detik per orang. kalau waktu ini dikumpulkan selama setahun dikalikan jumlah karyawan, berapa produk yang dapat dihasilkan?

(taken from Ma Chung University Study Skills hand-out…just wait for d’next part!^^)

One thought on “Manajemen Waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s