Tweak, Overclocking, Upgrade PC

Pengertian Tweak
Tweak adalah sebuah fasilitas (utility) yang tersedia pada sistem operasi yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi. Fasilitas tweak tersebut dapat memberikan trik dan otomatisasi dalam berbagai perintah pada sistem operasi, serta kemudahan dan keamanan dalam berinternet. Utility tersebut semakin dikembangkan salah satunya pada Sistem Operasi Windows XP, sehingga semakin mudah dan menyenangkan dalam pengaturannya.

Dasar-dasar Tweak
Dalam menjalankan tweak pasti ada langkah-langkah yang harus Anda ketahui agar tidak keliru dalam pengaturannya, karena bila Anda keliru dalam pengaturan tweak dapat menimbulkan kinerja Windows yang tidak stabil. Misal suatu pengaturan tweak pada Windows yang dilakukan melaui regedit, dalam pengaturan tersebut Anda akan banyak menemukan setting-setting menu yang mempunyai fungsi tersendiri.
Tweak dapat dilakukan melalui sistem operasi Windows maupun malalui software-software tweak yang ada. Anda dapat menjalankan software tweak tersebut dangan cara menginstalnya terlebih dahulu. Jika tweak yang Anda jalankan baik melalui sistem operasi Windows maupun melalui software tweak benar, maka Anda dapat merasakan perbedaan pada Windows sebelum dan sesudah dijalankannya tweak. Tweak tersebut hanya dapat membantu mengoptimalkan kinerja pada Windows yang didukung dengan spesifikasi hardware komputer.

Tweak pada Windows
Salah satu dilakukannya tweak diantaranya adalah melalui sistem operasi Windows, berbagai fasilitas utility pada Windows yang dapat Anda ubah pengaturannya, antara lain adalah tweak yang dilakukan melalui Control Panel dan melalui setting regedit Windows.
Tweak Melalui Control Panel
Control Panel merupakan salah satu fasilitas yang tersedia pada sistem operasi Windows, dengan melalui Control Panel banyak yang dapat Anda ubah pengaturannya. sSatu contoh kita dapat merubah kecepatan pada memori yang ada, karena Windows membutuhkan memori yang lumayan besar. Hal tersebut merupakan suatu masalah yang harus dihadapi oleh para Brainware atau pengguna komputer. Selain kebutuhan pada internal sistem, program-program yang berjalan di belakang layar pun juga membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar. Pada kenyataannya, ada beberapa layanan yang tersedia tidak betul-betul dibutuhkan oleh para pengguna komputer, sehingga dapat mengurangi kecepatan pada memori. Berikut adalah langkah-langkah tweak yang dilakukan melalui Control Panel untuk mengubah berbagai pengaturan yang tersedia pada sistem operasi Windows.

Pengertian Overclock
Overclock sekarang ini sudah tidak asing lagi kita mendengarnya. Over dan clock yang artinya melakukan setup motherboard clock bagi prosesor maupun sebuah VGA. Overclock dapat dikatakan dengan membuat komputer lebih cepat. “Over” dalam kamus bahasa inggris berarti “diatas” atau “melampaui”, sedangkan “clock” menyatakan clock crystal yang mengontrol kecepatan prosesor. Maka overclock berarti melampaui kecepatan clock, agar bagaimana komputer berjalan lebih cepat dengan default kecepatan komputer standar. Jadi overclock adalah suatu cara untuk dapat memaksimalkan kinerja pada CPU agar komputer dapat bekerja lebih cepat dari spesifikasinya atau yang diperoleh dari bawaan pabrik. Overcloking dapat dilakukan dengan berbagai teknnik beserta alat-alat yang mendukung, kemungkinan besar overclocking ini dapat mengakhibatkan terjadinya sesuatu pada CPU di luar dugaan, seperti hang pada windows karena overclock mengoptimalkan dengan memaksakan sistem kerja pada CPU. Overclock mulai dilakukan ketika prosesor 486 DX dan pentium klasik pertama. Tetapi memacu prosesor hanya dapat dilakukan dengan jumper pada motherboard. Misalnya, pentium 116MHz di jumper menjadi kecepatan 200MHz atau lebih, sedikit sekali perbedan antara 116MHz dan 200MHz. Tetapi sudah lumayan di masa pentium tersebut. Overclocker dimulai pada tahun 1997 ketika intel mengeluarkan prosesor jenis celeron dengan kecepatan 300MHz dengan jenis slot 1 dan pada saat itu ramai-ramainya dipacu menjadi 450MHz.
Tujuan utama dilakukannya overclock adalah untuk memacu kinerja pada prosesor dan VGA agar lebih cepat. Overclock yang sebenarnya adalah melakukan setup kecepatan clock speed dari sebuah prosesor. Suatu contoh, pada prosesor 1.6GHz dipacu menjadi 2.1GHz, dengan heatsink standard, pada kecepatan tersebut masih di posisikan aman bagi komputer dan dapat dilakukan dengan mudah. Tetapi, bila dilakukan overclock cukup tinggi, misalnya diatas 25%, biasanya akan muncul kendala yaitu prosesor akan menjadi lebih panas, karena disain heatsink standard sebagai pendingin prosesor dibuat terbatas untuk kecepatan tertentu dengan putaran fan tertentu juga. Overclocking adalah upaya yang dilakukan dengan tujuan memaksimalkan atau meningkatkan kecepatan kinerja sistem pada komputer dengan cara meningkatkan multiplier atau bus speed. Dengan meningkatkan multiplier atau bus speed, atau keduanya akan menghasilkan CPU clock speed yang lebih tinggi, dengan naiknya CPU clock speed, maka kecepatan kinerja pada prosesor juga meningkat. Selain itu dalam overclocking perlu dicapai suatu sistem komputer yang tetap stabil dan aman, dalam arti tidak mengalami crash atau hang saat digunakan.

One thought on “Tweak, Overclocking, Upgrade PC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s